Sabtu, 25 Juni 2016

Cara mengatasi crd pada ayam broiler

Assalamuailikum wr.wb
Mengatasi ayam crd memang susah susah gampang karena perkembangan genetik ayam broiler sekarang memang sudah bener bener berubah dari tahun-tahun sebelumnya.saya bukanlah pakar broiler lulusan dari universitas.saya hanya peternak gurem yang mencoba mengulas dari pengalaman dilapangan selama ini.
Kembali ke topik awal tentang crd yg kyaknya akan selalu dihadapi peternak di setiap periodenya.
Bermacam cara dilakukan untuk mengatasi crd baik menggunakan obat kimia pabrikan sampai dibikinkan jamu2an herbal tp kadang crd tak kunjung sembuh.
Saya  mau mencoba memberikan beberapa tips mengatasi crd yg selama ini saya praktekkan di kandang saya.alhmdulilah dengan cara ini bisa sedikit menekan beaya obat2an kimia.
Disaat broding usahakan suhu 32c'-35c' pada umur 1-3hari.
Pada saat umur 4hari keatas suhu bisa distabilkan di 31-32c'.
Pada umur 5hari ketika kelembapan kandang diatas 70 wajib kita nyalakan kipas.kipas kecil saja yg penting sirkulasi udara tidak terganggu.
Mulai umur 10 hari biasanya dah saya pasang kipas yg 30inchi jarak agak jauh dikit dr brodingan.kita seting tiap jam hnya nyala 15menit sampai pagi.
Jangan lupa mulai umur 10-15hari dikasih elektrovit tiap sore nya..
Dan  disaat bw 400-500gr gak peduli dicapai di umur berapa skam harus dah turun semua..
Mulai umur 15hari-panen biasanya kipas dah aku nyalakan 22 jam.paleng dimatikan jam 5pagi-8pagi buat istirahatkan mesin kipas.
Ya itu sedikit pengalaman yang saya lakukan selama ini.
Silahkan dipraktekkan sendiri.
Klau hasilnya kok beda dengan saya.tidak usah dilanjutkanetode ini.karena seperti yang saya bilang diatas saya hanyalah peternak gurem yang mencoba untuk berbagi pengalaman dilapangan.dan mungkin kalau kata kata dalam tulisan ini kurang enak dibaca ya mohon maaf.karena memang saya bukanlah seorang penulis....hehehe...
Semoga kita bisa sukses bersama...amin
 Wasallamualikum wr.wr

0 komentar:

Posting Komentar